Jumat, 21 Juni 2013

Kumpulan Kisah Nabi Dan Rasul

Kumpulan Kisah Nabi Dan Rasul

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, masih diberikan kesehatan, pada kesempatan ini Blog DeCocoz akan berbagi seputar cerita Kisah Nabi dan Rasul. Sebagaimana kita mengetahui Nabi dan Rasul merupakan contoh teladan yang sangat baik. Diharapkan nantinya setelah anda membaca para Nabi dan Rasul ini kita dapat lebih berhati-hati dan lebih bersabar dalam menghadapi tantangan dan godaan duniawi.
Perbedaan Nabi dan Rasul.
1. Rasul adalah utusan yang membawa syariat baru sedangkan nabi adalah utusan yang bertugas untuk menyebarkan syariat sebelumnya dan berdakwah mengajarkannya.
2. Rasul adalah nabi yang memiliki kitab suci, sedangkan nabi biasa tidak memilikinya.
3. Rasul pasti diperintahkan untuk menyebarkan wahyu yang diturunkan kepadanya, sedangkan nabi terkadang diperintahkan untuk menyebarkannya dan terkadang tidak.
Tugas Nabi dan Rasul.
Nabi dan Rasul diangkat oleh Allah untuk berdakwah, memberikan pencerahan kepada orang-orang beriman dan beramal sholeh bahwa mereka akan mendapatkan pahala dan imbalan yang baik serta memberikan peringatan dan menyadarkan kepada orang-orang yang kafir yang beramal tidak baik untuk kembali kepada jalan yang benar.
Pengangkatan Nabi dan Rasul.
Nabi dan Rasul dipilih langsung oleh Allah sesuai dengan kehendak-Nya. Jadi, seseorang tidak akan bisa menjadi Nabi meskipun ada seseorang yang berilmu tinggi ataupun taat.
Sifat-Sifat Rasul
Para Rasul bersifat mulia. Ia mempunyai sifat wajib, sifat utama yang membedakan dengan manusia biasa.
1. Shidiq artinya benar dan mustahil bersifat kidzib atau dusta.
2. Amanah artinya terpercaya mustahil untuk bersifat khianat atau curang.
3. Tabligh artinya menyampaikan, mustahil bersifat kitman atau menyembunyikan.
4. Fathonah artinya pandai dan cerdas otaknya, mustahil bersifat baladah atau bodoh.
Nabi dan Rasul adalah juga manusia biasa. Mereka juga merasa haus dan lapar. Bisa sakit dan juga bisa mati. Diantara mereka ada juga yang bekerja sebagai pedagang ada pula yang menjadi raja seperti Nabi Daud dan Nabi Sulaiman.

Ulul 'Azmi.
Diantara 25 Nabi dan Rasul tersebut ada yang disebut dengan Ulul 'Azmi artinya adalah orang-orang yang memiliki kemauan dan jiwa yang teguh serta hati yang kukuh dalam berjuang menegakkan agam Allah. Untuk mempermudah mengingat siapa saja yang termasuk Ulul 'Azmi adalah:
1. Nabi Nuh as
2. Nabi Ibrahim as
3. Nabi Musa as
4. Nabi Isa as
5. Nabi Muhammad saw
Kelima Rasul tersebut diatas mengalami cobaan yang sangat berat jika disandingkan dengan para rasul yang lainnya. Kesengsaraan dan penderitaan dalam menghadapi umatnya hampir melewati batas.

Nama Kitab Yang Diturunkan Kepada Rasul
1. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa
2. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud
3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa
4. Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad
Kumpulan Kisah Nabi Dan Rasul

0 komentar:

Posting Komentar